banner

Selamat Datang Di Blog Axel Motor Gumukmas Telp: 0336 77-3-55-88/0336 774-71-71(Gunawan/Tria)

Senin, 28 Maret 2011

Satria FU


Riset ini didedikasikan untuk para
pengguna FU yang masih
berstatus pelajar. Mengapa?
Karena sekarang ini aku sering
liat dijalan semakin banyak anak
sekolahan menggunakan FU sebagai sarana transportasi ke
sekolah, beberapa tampak masih
standar, dan beberapa telah di
upgrade sedikit, seperti misalnya
pasang knalpot free flow tapi
tanpa diikuti langkah lain, jadinya hanya suaranya saja yang
kenceng tapi larinya kalah
dengan motor standar. Atau ada
juga yang fokus ke tampilan saja
dengan mengganti pelek dengan
tipe jari-jari dan memasang ban super tipis (ban khusus drag
maksudnya..), ini menurutku juga
kurang baik karena klo mesin
motor sehat dan bisa kenceng
tapi trus gara-gara pake ban
tipis jadi ga bisa belok saat digeber kan malah bahaya,
Bro… .coba banyangin, pas lagi kebut-kebutan ma Supra x
(hehehe…) dan FU berhasil melibas dengan mudanya… tapi trus tau- tau nyungsep di tikungan karena
traksi buat menikung kurang… kan tengsin jadinya . Bertolak dari hal-hal tersebut
aku mengadakan riset up-grade
performa FU yang dapat
dicontoh oleh para pelajar
pemakai FU… intinya siy up-grade performa tapi dengan biaya
terjangkau oleh para
pelajar..hehehe… gitu loh maksudnya khusus pelajar tuh…! Dari hasil pengamatanku
beberapa bengkel top dalam
melakukan up-grade terhadap FU
selalu mengandalkan penggantian
part dengan merek-merek
terkenal yang jelas harganya mahal. Menurutku siy semua
orang juga bisa ngencengin FU
klo duitnya banyak… ..tinggal tebus part-part racing yang
mahal trus dipasang… jadi deh FU kenceng! Cuman masalahnya
bagaimana nasib adik-adik
pelajar yang pengen FU-nya juga
kenceng tapi uang saku
terbatas… hehe..maksudnya belum tentu juga uang sakunya benar-
benar terbatas, tapi mereka kan
punya pos pengeluaran lainnya
juga kaya misalnya biaya nraktir
gebetan, biaya merias diri biar
cepet laku..hehhe..biaya nyogok nyokapnya gebetan..dan lain-lain,
yang intinya membuat pos
pengeluaran buat si FU jadi
terbatas.. Nah, buat adik-adik pelajar
penggenjot FU… yang tua-tua juga boleh nyonto ding, berikut
adalah tip up-grade yang
(sebagian besar) dah dipraktekin
langsung di motorku… yang jelas aku jamin dengan melakukan
uipgrade seperti ini tidak akan
membuat TTM kalian
terlantar,,,piss… 1. Langkah pertama yg paling
gampang, ganti Pilot jet dengan
ukuran 17.5, bisa pake punya
shogun lama. Harga palingan
30rb. Klo mau lebih murah pake
merek Kitaco harnganya 17,5ribuan 2. Lepas paking kepala silinder,
pake 1 lapis aja yang tengah,
langkah ini berarti naikin rasio
kompresi dari standarnya 10,2
menjadi sekitar 11,4. Langkah ini
siy ke bengkel AxelMotor aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo
mau naikin kompresinya lebih
tinggi lagi, paking blok bawah
bisa dilepas dan ga usah pake
paking, cukup pake lem paking
aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba
mekanik jogja dan terbukti
piston gak tabrakan dengan klep
ataupun ada kebocoran oli.
Langkah lepas paking blok bawah
ini pengen aku cobain tapi blum sempet, ntar pas servis besar
lagi aja kayanya. 3. Porting lubang in & out.
Lubang in dan out masing-masing
di gedein diameternya 1 mm
Yang ini juga harus ke bengkel.
Beberapa bengkel top mematok
harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan
100rb. 4. Ganti karbu (berarti langkah
nomor 1 ga perlu), saran pake
punya RX King (karena murah,
dan cocok dan bisa langsung
pasang ke intake manifold dan
filter udara standar), spuyer bisa coba PJ 20 MJ 135, setelan
udara 1,5 putaran berlawanan
arah jarum jam (plis note tiap
motor bisa beda2), posisi klip
jarum skep di ulir nomor 2 dari
atas. Alternatif lain bisa juga pake punya NSR SP yakni Keihin
PE 28 harga barunya 600 rbuan
yang Thailand (Awas barang
palsu china). Klo ganti karbu,
sebaiknya juga pasang keran
bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model
vakum… biar aliran bensin lancar… 5. majuin gigi TOP 1 mata, ini
berarti majuin waktu buka tutup
katub masuk dan buang. Kalo
mau lebih advance lagi
setingannya adalah klep
masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata… istilah teknisnya buat nyempitin
LSA-nya (Lobe Separation Angle… buat optimalkan proses
pembilasan di putaran tinggi… hehehe… bingung, bingung deh… .), hasilnya juga mantap tapi
kerenggangan klep harus dibikin
lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan
out 0,1 mm) dari ukuran
standarnya dengan cara mainin
tebal shim-nya. Yang ini siy jelas mending ke bengkel aja deh… trus bengkelnya juga harus yang
jago. 6. lepas saringan udara (klo dah
ganti karbu), yang dilepas hanya
elemen saringan udaranya aja… itu tuh yang ada ada kertas
saringanya. Sedangkan boknya
masih terpasang dan tersambung
ke karbu . Kalo masih tetap mau
andalkan karbu standar maka
saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya
di lubangi dibeberapa tempat,
guntingin aja, palingan 3 lubang
ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x
tinggi). Bisa dilakuin sendiri 7. potong kabel koil 2 cm
(=ngurangin resistensi kabel
sekitar 10%), Bisa dilakuin sendiri.
Ingat masang kabelnya lagi harus
bener2 kuat, caranya ditusukin
dan diputar hingga ngedrat. 8. ganti pake busi Iridium (saran
yang agak murah pake merek
Sindengen/SDG 30rb) hasilnya
lumayan. Klo mau tetep pake busi
standar juga gapapa, cuman
atur lagi celahnya jadi 0,9 – 1 mm 9. oli pake yang khusus motor
(merek apa aja yang penting
asli), trus pake yang 10/40. 10. ganti knalpot free flow,
saran yang murah dan cukup
ampuh pake bikinan Juniwan
(yang pelat pernis
cuman 250 rb), atau AHAU
400rb… .atau SKR 375rb… yang jelas tampilan jadi lebih sangar
bin bengis karena bahan knalpot
dari pelat yang di pernis doing
plus coklat-coklat kaya karatan
… jauh dari kesan klimis yang sering ditimbulkan bila pake
knalpot aluminium atau krom… hehehe… no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2… ) 11. Posisi as roda pada penyetel
kekencengan rantai diusahakan
pada posisi sedepan mungkin, klo
perlu potong 2 mata rantainya.
Keuntungannya, jarak poros
roda depan belakang makin pendek jadi motor lebih lincah
bermanuver..khasiat lainnya buat
mengurangi bunyi-bunyian
dirantai karena rantai beradu
dengan lengan ayun. 12. Per kopling di ganjel kurang
lebih 1 mm, bisa pake potongan
per kopling (bisa pake punya
motor apa aja asal diameter
sama, harga palingan 15 ribuan),
tapi mesti ditipisin pake gerinda dulu biar ga ketebelan. Langkah
ini sebaiknya dibengkel Axel Motor aja deh.
Trus di ujung kabel kopling yang
di atas bak mesin, diujungnya
dipakein per yang sering dipakai
di rem teromol (harga 5 ribuan) untuk ngedorong tuas
pengungkit kopling agar baliknya
cepet. Hasilnya kopling jadi cepet
baliknya dan motor langsung
loncat begitu kopling
dilepas… .

yang jelas kedua langkah ini bisa juga diganti dengan
pasang per kopling racing (100 – 150 rb, tapi awas, beberapa
pemakai per kopling racing
mengeluh motornya cuman enak
3 bulan, abis itu per jadi lembek
dan kurang nendang lagi… .per kopling standar terutama yang
CBU kayanya lebih durable dan
dengan diganjel, kekerasannya
akan setara dengan per racing).
Tapi perhitungkan efek
sampingnya yakni jari tangan kiri jadi pegel2 klo lewat jalan macet. 13. Pulser digeser 1 ampe 2 mili… yang ini aku ga tau kenapa bisa
bikim motor makin melesat, tapi
aku praktekin hasilnya memang
berasa kok. Suruh orang bengkel
aja yang mundurin. 14. nah klo semua langkah
diatas… atau beberapa aja deh… udah dilakukan pasti performa
motor dah melonjak. Tapi khusus
untuk temen2 di Jakarta ato
daerah yang ramai dalam artian
trek lintasan pendek2 yang
mengakibatkan ga bisa leluasa pol gas di gigi 5 ato 6… maka disarankan ganti gir depan pake
yang 13 mata (standarnya 14
mata) bisa pake punya yamaha
crypton ato F1ZR… beli aja yang buatan aspira atau indopart
cumin 30 ribuan… hasilnya motor lebih narik lagi ampe gigi 6
sekalipun. Langkah ini tidak
mengurangi Top Speed secara
signifikan (lagian kan disaranin
buat yang sering kena macet
jadi ga pernah nge-top speed..hehe) malahan justru bikin
motor lebih cepat menggapai top
speed. Bila dana masih ada
Langkah lanjutan adalah
mengganti CDI, koil dan camshaft
racing… paling ga untuk 3 item ini butuh 1,5 juta..tapi sangat
setimpal bila dilakukan..hehe..
saran pake CDI XP Andrion HP 7
(400 ribu) dipadu ama koil
andrion juga (170 ribu). Sebagai
informasi, untuk teman2 di jawa tengah ma timur lebih suka pake
CDI Rextor. Untuk CDI BRT
sebenarnya bagus juga, hanya
saja menurut produsennya dan
dari hasil test, BRT hanya cocok
bila koil masih pake yang standar… klo koilnya racing malah kadang drop tenaganya atau
CDI-nya cepet mati. Bila CDI telah diganti racing maka
sebaiknya per klep juga diganti
yang lebih keras, bisa pake
merek2 racing seperti WRD, CLD,
TK, dll… atao bisa juga pake aslinya tapi diganjal 1 mm (ini
lebih recommended karena
kasusnya sama dengna per
kopling, yang racing kadang jadi
lembek lama-lama… Untuk camshaft/noken as bisa
pake WRD, CLD, Kawahara,
Akutagawa (850 – 1 jutaan… ato NMF yang hampir 2jutaan)… ato apalah terserah… soalnya aku sendiri blum nyobain klo yang ini.
Klo dah ganti chamshaft pake
yang racing berarti langkah No. 5
tidak perlu dilakukan. Semoga berguna. Porting Polish
Lepas packing, pake 1 aja yang
tengah
Busi Sindengen Iridium
Karbu RX-King, PJ 20 MJ 150
PAIR dinon-aktifkan Kabel koil potong 2 cm
Pulser dimundurin 2 mm
Per kopling di ganjal 1 mm
Semi open filter
Celah klep in 0,07 mm out 0,1 mm
Klep in maju 1 mata, out mundur 1 mata
Gear 13/43 Performa: gigi 4 120 kpj (mentok
limiter)..gigi 5 135 kpj… gigi 6..blum pernah ketemu jalan yg cukup
sepi buat full throttle… 
Oke coy...segera kunjungi bengkel kami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar